Profil Pelajar Pancasila

Sebagai Dasar Karakter

Kembali

Dalam upaya membentuk siswa yang berkarakter kuat, SMK Negeri Kudu menerapkan Profil Pelajar Pancasila sebagai dasar pengembangan budaya positif. Dimensi Profil Pelajar Pancasila yang diterapkan melalui aplikasi SI BUDI+ adalah:

Pelajar yang memiliki keimanan yang kuat, taat beribadah, serta mengamalkan nilai-nilai moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari. Indikator utama dalam dimensi ini mencakup:

  • Mengenal dan memahami ajaran agama yang dianutnya: Pelajar mampu menghayati ajaran agama dan menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Melaksanakan ibadah sesuai ajaran agama: Pelajar secara rutin melakukan ibadah sesuai agama dan keyakinannya.
  • Memiliki akhlak mulia: Pelajar menunjukkan sikap santun, jujur, disiplin, dan bertanggung jawab dalam setiap tindakan.
  • Menunjukkan toleransi antarumat beragama: Pelajar mampu menghargai perbedaan keyakinan serta tidak mendiskriminasi pihak lain karena perbedaan agama atau kepercayaan.

Pelajar yang memahami dan menghargai keragaman budaya, suku, agama, dan kepercayaan di Indonesia dan dunia, serta mampu hidup dalam harmoni dengan sesama. Indikator utama dalam dimensi ini mencakup:

  • Memiliki kesadaran dan pemahaman tentang keragaman: Pelajar menghargai perbedaan budaya, suku, agama, ras, dan bahasa, serta memahami pentingnya hidup dalam harmoni di masyarakat yang beragam.
  • Menghormati dan menghargai kebudayaan lain: Pelajar menunjukkan sikap hormat terhadap kebudayaan lain tanpa merendahkan budaya asalnya.
  • Mampu berinteraksi secara positif dalam keragaman: Pelajar mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang dari latar belakang yang berbeda secara baik dan efektif.
  • Memiliki wawasan global: Pelajar peka terhadap isu-isu global dan mampu bersikap terbuka serta adaptif terhadap perkembangan dunia.

Pelajar yang memiliki sikap kolaboratif, mampu bekerja sama dengan orang lain, saling membantu, dan berkontribusi dalam masyarakat. Indikator utama dalam dimensi ini mencakup:

  • Mampu bekerja sama: Pelajar mampu bekerja sama dengan orang lain dalam kelompok, menghargai pendapat, dan berkontribusi positif dalam mencapai tujuan bersama.
  • Peduli terhadap lingkungan sekitar: Pelajar menunjukkan kepedulian dan keterlibatan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan dan membantu masyarakat.
  • Mampu berbagi dan berkontribusi untuk kebaikan bersama: Pelajar secara aktif terlibat dalam kegiatan sosial dan menunjukkan kepedulian terhadap orang lain.

Pelajar yang mampu belajar secara mandiri, memiliki rasa tanggung jawab atas perkembangan dirinya sendiri, dan mampu mengambil inisiatif. Indikator utama dalam dimensi ini mencakup:

  • Mengenal dan memahami kekuatan serta kelemahan diri sendiri: Pelajar memiliki kesadaran diri yang baik dan mampu memahami kelebihan dan kekurangan dirinya.
  • Bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya: Pelajar menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap perkembangan dirinya sendiri, baik di bidang akademis maupun non-akademis.
  • Memiliki kemandirian dalam pengambilan keputusan: Pelajar mampu membuat keputusan secara mandiri dan mengambil inisiatif untuk memecahkan masalah yang dihadapi.

Pelajar yang mampu berpikir logis, rasional, dan kritis dalam menghadapi berbagai persoalan, serta mampu membuat keputusan berdasarkan analisis yang matang. Indikator utama dalam dimensi ini mencakup:

  • Mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi informasi secara logis dan objektif: Pelajar memiliki kemampuan berpikir kritis dalam menilai informasi, tidak mudah terpengaruh oleh hoaks atau opini yang tidak berdasar.
  • Mampu memberikan argumen yang kuat berdasarkan bukti dan data: Pelajar mampu menyampaikan pendapat atau gagasan dengan dukungan data dan logika yang baik.
  • Mampu memecahkan masalah secara efektif: Pelajar mampu mengidentifikasi masalah dengan baik dan menemukan solusi yang efektif berdasarkan analisis yang mendalam.

Pelajar yang inovatif, mampu menciptakan ide-ide baru, dan memiliki daya imajinasi untuk menciptakan solusi-solusi kreatif terhadap masalah yang dihadapi. Indikator utama dalam dimensi ini mencakup:

  • Mampu menghasilkan ide atau produk yang baru dan bermanfaat: Pelajar mampu berpikir inovatif dan menghasilkan karya-karya yang orisinal dan bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain.
  • Mampu mengembangkan berbagai alternatif solusi atas permasalahan: Pelajar mampu mengembangkan berbagai pendekatan kreatif dalam menghadapi permasalahan.
  • Mampu mengubah ide menjadi karya nyata: Pelajar memiliki kemampuan untuk mewujudkan ide-ide kreatif menjadi sesuatu yang nyata dan bermanfaat.
© SMKN Kudu Jombang